Safety First-Gara-Gara Hal Sepele Saya Jadi Salto

        Safety First, dua kata ini maknanya harus selalu diterapkan di semua kegiatan yang kita lakukan, apapun itu. Apalagi soal Safety Riding, ga bisa dipungkiri kita bakal berurusan dengan yang namanya transportasi setiap saat, kapanpun, dimanapun. Jelas dong, transportasi akan membantu mobilitas kita sehari-hari. Kalo ga ada transportasi, kita bisa apa coba, kemana-mana jalan kaki, yakalik Yogyakarta-Solo jalan kaki, mirisnya pun sekarang, walaupun udah banyak transportasi, tapi banyak juga yang tujuannya deket memilih untuk jalan kaki, udah gitu kadang pejalan kaki ini jadi sasaran buasnya kendaraan yang ugal-ugalan, faktor utamanya apa? Yes, that is…. Lupa sama yang namanya keselamatan, inget lo ya, jalan raya itu bukan punya satu nyawa yaitu kita doang, banyak nyawa lainnya yang sangat dinantikan keluarga dirumah. So, sedikit bakal cerita soal aku yang main-main sama keselamatan di jalan raya.
        Jadi gini, waktu itu mau berangkat kerja, dari malem udah di set, jam segini ngapain, jam segini ngapain, karena sering banget ditegur manajer karena suka telat masuk kerja. Menurutku itu udah kemajuan mulai mandi jam segitu, nah ini, karena kelamaan, abis mandi, liat jam udah jam segitu aja, keburu-buru, ga ada waktu buat sarapan, udah dipaksa-paksa Ibu buat sarapan, mau nolak gimana, ga nolak telat, galau kan ya. Terpaksa jawab, keburu-buru, ga bisa sarapan, bawa bekal aja. Cusss, setelah itu langsung nyiapin motor, buka pintu, siap gas. Pas di nyalain, biasanya motor itu agak rewel, harus berkali-kali di stater gitu, ini kok enggak, heran juga, ahh mungkin motornya tau kalau keburu-buru kalik ya, lanjut pamitan, ngeeeng, baru jalan belum ada 100 meter lewat belakang rumah, tiba-tiba….
        “Kenapa Mbak?”
        “Kepleset Bu, hehehe”
        Antara malu, nyesel, kesel, bête, pingin marah, tapi terlanjur gini. Argh… pake acara salto segala, udah tau mau telat juga, hiks. Tragedinya bermula saat, baru gas beberapa meter, tangan kiri nurunin kaca helm, wikkk, item-item apa ini di kaca helm. Kedua mata fokusnya liat item-item di kaca helm itu kan ya, nah lupa kalau mau belok, kecepatan belum dikurangin, tau-tau narik rem gitu aja, posisi tangan kanan langsung narik rem, dan tau kan yang di bawah stang kanan itu rem apa, yap rem depan. Sementara posisi tangan kiri barusan nurunin helm, belum lama hinggap di stang kiri, yaudah otomatis narik rem belakangnya nggak kenceng, mana waktu itu kondisi jalan tanah berbatu gitu, bisa jadi pas aku ngerem kaget itu, kepleset batu, atau karena kondisi badan jalan yang licin. Gubraaakkkkkkkkkkk, tau tau aku udah posisi tengkurap gitu. Kedua tangan jatuh duluan, dan kayak posisi orang mau sujud gitu tangannya, itu jatuhnya tangan di jalan yang udah di semen gitu. Abis tangan napak duluan, disusul kepala depan, Jedugggg, alamak, kayak bola basket gitu pas kepala jatuh. Soalnya mantul gitu. Pas udah nyadar kalau jatuh, langsung mikir caranya buat bangun, karena kaki kiri tertimpa motor gitu. Uwaaaaa karena saking malunya, langsung aku tarik aja kan kakiku, dan ternyata punggung kaki lecet sampai berdarah gitu. Pas udah bisa berdiri, lanjut buka masker kan, kok asin-asin gitu, alamakkk mulutku berdarah gini. Langsung deh cek gigi satu persatu, takut ada yang ompong kan ya. Ternyata gigi masih utuh, Cuma agak goyang dikit lah.
        Dari situ, dua tetangga datang, dan itu Ibu-Ibu, Ibu-Ibu pertama langsung pegang kontak, buat matiin motor, Ibu-Ibu kedua malah gini “Dulu, anak saya juga jatuh disini.” Yakalik Bu, ambilin minum kek, malah gitu. Sontak aku nengok ke belakang, Ibuku biasanya setelah bukain pintu samping, pasti ngliatin aku sampe aku belok, ini aku belum belok Ibu udah masuk rumah gitu aja, tau kenapa alasannya? Mau liat sidang yang kopi sianida itu loh, duhh mak nyesek. Tapi kalau liat pasti malah panik juga sih, mending ga liat, kalau liat juga nanti bakal dimarahin akunya. Sambil ngelap baju pakai tangan karena tanahnya sampai mana-mana, aku memutuskan untuk lanjut berangkat kerrja, bersihin lukanya nanti aja di Toko. Ibu-Ibu itu udah heboh gitu, pulang dulu, cuci tangan kaki dulu. Duhh Bu, bukan mau bobo imut ini, malah disuruh cuci tangan cuci kaki, keburu telat nih.
        Pas di jalan, coba buat nurunin kaca helm kan ya, if you know, item-item yang buat jatuh tadi apaan, the like cicak, omaigat, beolnya cicak, mengenaskan, dan di lampu merah gitu, heran aja, kok motornya abis jatuh langsung nyalan yah, ehh malah heran, kudunya kan mikirin lecetan di punggung kak kiri ya. Baru deh, beberapa detik berhenti di lampu merah gitu, kok perih ya, sontak kan nundukin kepala. Yahh yahh yaaaahhh, darahnya keluar, ada tanahnya juga, perihhhhh. Dan baru ngeh, ini kepala kok kayak kocak gitu ya, berat banget, tapi bukan pusing gitu, beratnya dari belakang kepala sampai ubun-ubun. Asli pingin belokin motor trus pulang aja, tapi nanggung udah setengah jalan gitu. Pas ijo kan jalan, dapet lampu merah lagi, tapi nyempetin belok ke Ind*maret buat beli betadine.pas mau nyetandarin motor gitu, uwaaa kaki buat nurunin standar agak nyeri gitu. Untung pas sebelum masuk, pas masih duduk di atas motor gitu, nengok isi dompet. Lahh, uang di dompet cuma seribu gini, mana dapet betadine. Uwaaaaa, mana di Toko betadine pas abis gitu. Untung yah, belum ambil betadine dan mau bayar gitu, kalau udah di depan kasir dan ternyata isinya dompet cuma pedang gitu, asli aku gamau balik kesitu lagi, malu abis pastilah.
        Sesampainya di toko, langsung ngangkat celana kaki kiri sampai lutut gitu, semoga lutut ga bonyok, dan bersyukur banget ga bonyok. Itu ada satu temen yang ngliatin, dan langsung ngebersihin kaki di keran belakang. Baru ngeh, ada satu temen yang belum ke Toko, langsung deh telepon, minta tolong suruh bawain betadine, dan dia bilang, di rumah cuma punya revanol, tapi katanya mau mampir apotik gitu, syukurlah. Dan baru ngeh, untung ya, walaupun kepala berasa kocak gini, masih keinget Ibu sama Bapak, takutnya nanti kalo denger berita dari tetangga, di lebay-lebay in gitu, sms Bapak kan, “Pak, aku rapopo kok, hehehe.” Emang sih pas sms gitu sambil nahan tawa juga, keinget saltonya tadi. Hahaha.
        Temen yang katanya mau beliin betadine tadi akhirnya datang juga, dikasih segepok kotak P3K gitu, dingin sih lukanya pas dikasih revanol. Begitu mau ditetesin betadine, liat lukanya agak dalem gitu, pasti perih minta ampun, seperih rasanya kalau udah siap mau pergi main tapi tiba-tiba di cancel, PHP gitu lah, perih banget kan. Uwaaa tapi kalau ga ditetesin bakal lama sembuhnya, akhirnya sambil gigit bibir gitu, aku tetesin juga, ehh ga perih ternyata. Sesungguhnya apa yang kita bayangkan, terkadang sangat menakutkan, padahal begitu kita hadapi itu tidak semenakutkan yang kita bayangkan, halah ngomong apa. Udah dikasih betadine semua kan, langsung ngeraba bibir, jadi mancung gini bibir atas. Untung, Toko ga begitu rame, jadi ga banyak pembeli, bisa buat duduk-duduk lama lah.
        Sambil duduk, malah debat di SMS sama Bapak, kan bener, tetangga laporannya lebay, bilangnya aku berdarah banyak, dan berulang kali bapak ngirim SMS nyuruh pulang, tapi aku nolak. Rugi ihh pak pulang, tinggal 4 jam lagi kerjanya, dan ini pas siang bolong panas-panasnya gitu. Perih pak lukanya kena sinar matahari. Ehh gataunya SMS bapak yang terakhir bilang, “Bapak, udah di depan Toko.” Ga terharu gimana coba, Bapakku emang sweet banget kok, aku terharu gitu.  Begitu tau bapak udah di depan toko, aku keluar toko, mengumbar senyum, dan ternyata Bapak senyum juga, yihaaa. Aku tau lah, bapak ga bakal marah. Trus bapak nanya, mana, katanya bibirnya berdarah, tak liatin gitu, ini bukan darah, lipen pak, lipennya merah. Hahaha. Pakai lipen merah gini, pas tadi buka masker abis jatuh, orang liatnya itu darah, hahaha bisa jadi, merah merona gitu kok. Speechlesnya bertambah lagi pas bapak cerita, denger kabar dari tetangga, Ibu langsung ngajak ke Toko buat jemput aku. Jadi nanti Bapak sama Ibu goncengan, ambil motor yang aku pakai, dan aku digonceng Ibu gitu. Aaaakkk  terharu. Untung ga jadi, kalau jadi kan ngrepotin yah. Intinya bahagia banget, Bapak sama Ibu sweet sekali. Di depan Bapak sama Ibu harus tetep keliatan strong, sama juga pas ditanyain sama Masnya, “Kamu jatuh?” jawab aja : “Jatuh ke pelukanmu, eaaaaak” hahaha, I’m OK, Cuma lecet aja.
        Dari kejadian ini, walaupun paginya pas semalem bangun tidur, leher gabisa buat nengok dan seluruh tubuh rasanya pegel gitu, banyak yang patut disyukuri,  untung cuma jatuh di tanah, coba di aspal, bisa jadi lukanya bakal lebih parah, untung pas jatuh, tangannya pakai sarung tangan, jadi tangan yang bawah ga luka, tau sendiri kan kalau luka pas bagian muka tangan itu, perihnya kayak apa, dan susah sembuh, dan lagi yang patut disyukuri, motor ga rusak parah, cuma lecet gitu. Untung juga Cuma lecet, bukan retak atau patah tulang, duhh jangan sampek ya kalau sampai patah gitu, jangan sampai patah hati apalagi patah tulang, waks. Bersyukur banget rasanya, harus selalu bersyukur, jadi bisa belajar tentang pentingnya keselamatan. Yakan? Jadi, kamu masih mau ugal-ugalan di jalan gitu? Orang tua kamu pasti panik banget loh, kalau denger kabar kamu jatuh, ditambah lagi, pacar kamu, pasti dia juga bakalan ikut panik. So, pentingin keselamatan yah, keep safety first.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Observasi Asik

Nature Republic Aloe Vera Asli VS Palsu, Original VS FAKE KW SUPER

Review Product : Masker Kefir