My Skincare Routine – Skincare Untuk Wajah Berjerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Hai, disini aku bakal share beberapa produk skincare yang aku pakai untuk wajah aku sehari-harinya. Perlu kalian tau dulu, tipikal wajah aku itu kombinasi, jadi ada bagian di wajah aku yang berminyak, dan ada di bagian tertentu yang itu sangat kering, contohnya dibagian samping bibir dan bawah dagu itu adalah bagian yang kering. Sementara untuk bagian wajah aku yang berminyak itu ada di bagian dahi, hidung, pipi kanan dan pipi kiri, dulu banget sebelum aku sadar pentingnya skincare, minyak di wajah itu ya, kayak bisa buat goreng pisang goreng atau mendoan, horror bet lah. Nah, produk skincare yang aku share ini, yang cocok buat wajah aku ya, kalau kalian mau ikut-ikutan skincare yang aku pakai, boleh kok, tapi menurut aku skincare itu cocok-cocokan. Ada orang yang cocok pakai facial wash ini, ada yang nggak, ada yang cocok pakai masker ini, ada yang nggak. Jadi, buat mendapatkan skincare yang benar-benar cocok buat wajah kita itu harus perlu pengorbanan yang besar, dari segi waktu, usaha, dan uang tentunya.
Kok skincare nya murahan banget sih, nggak high end, apaan tuh merk nya nggak terkenal. Ya, nggak gimana-gimana sih buat aku, menurut aku skincare yang bagus itu bukan cuma dari merk yang terkenal dan di iklanin di tipi-tipi gitu, tapi ya yang benar-benar cocok buat wajah kita. Kalau misal produk skincare yang aku share ini nanti ada dari kalian yang belum pernah tau atau asing namanya, kalian bisa cari review di berbagai tempat dulu kok, sebelum memutuskan untuk beli, ada google dan ada youtube, manfaatin tuh. INGAT !!! Wajah yang cantik itu, bukan selalu wajah yang putih, tapi cantik itu adalah wajah yang bebas dari jerawat dan bekasnya, Right??? Setuju bet.
          Oh ya, kalau kalian masih bingung kenapa bisa tumbuh jerawat di wajah. Kalian bisa baca tulisan di blog aku sebelum yang tentang skincare ini. Supaya ga random gitu ilmunya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,jiahhh ilmu, apa ya cuma berbagi pengalaman aja kok, berbagi informasi gitu.
Langsung aja, yang pertama facial wash alias sabun cuci muka. Kayaknya sih, penyebab terbesar aku jerawatan dari SMP adalah sering nyoba-nyoba facial wash. Gara-gara apa? Kemakan iklan tipi-tipi, hiks banget kan. Liat artis iklan ini, wuihh wajahnya cerah dan putih, beli ah. Liat yang ini, waow bisa ilang gitu jerawatnya, beli deh. Sampai-sampai inget banget, pas cuci muka rasanya kayak terbakar gitu wajahnya, panas, perih, dan jadi kering banget, bahkan gara-gara aku kehabisan facial wash yang cocok sama mukaku, aku minta punya adekku, dan itu malah membuat wajahku jadi JELITA, tumbuh Jerawat Lima juTA, sedihhhhh, pokoknya merk nya hits banget sampai sekarang. Lalu, pas kebetulan cari sabun muka, karena kayaknya pakai sabun bayi itu kok gini-gini aja, jerawatku sama bekasnya nggak mau pamitan pergi, iseng deh. Nemu facial wash yang merk nya ‘Acnes’ embel-embelnya facial wash terlaris di Jepang gitu, dan langsung mikir, wah kulit orang Jepang kan sehat-sehat ya, apa ini rahasianya, menurutku sih gitu, haha. Si Acnes ini punya beberapa varian untuk facial wash nya, ada yang Acnes Creamy Wash Treatment Series, Facewash Oil Control (Orange), Facewash Yogurt Touch (Biru Muda), Facewash Deep Pore Cleanser (Biru Tua), dan kesukaan aku, yang aku selalu restock adalah Facewash Complete White yang logonya pink, bukan karena suka sama warna pink nya, tapi lebih ke suka aja sama varian yang untuk memudarkan bekas jerawat ini, kan fokusku sekarang memudarkan bekas jerawat ya, kalau dulu waktu jerawatan, aku pakai Acnes yang Creamy Wash Treatment Series. Jadi, buat temen-temen yang mau nyoba, siapa tau cocok, pakai facial wash yang samaan sama aku, pilih yang sesuai kebutuhan ya, yang sesuai fokusnya untuk masalah apa. Karena produk facial wash punya Acnes ini, emang toleran banget buat muka yang berjerawat, ciyusss, bisa cek reviewnya di google buanyaak atau di youtube juga ada. Dalam sehari jangan terlalu banyak juga cuci muka pakai facial wash, kalau aku cuma 3 kali sehari, pas mandi pagi, mandi sore, sama cuci muka sebelum tidur. PENTING Banget yang namanya cuci muka sebelum tidur, apalagi untuk orang yang punya kulit wajah sensitif, sebelum tidur kan pasti melakukan banyak aktivitas, entah yang non make up maupun yang pakai make up, so penting banget buat membersihkan wajah sebelum tidur, selain membersihkan dari kotoran nakal, sisa make up, cuci muka sebelum tidur juga bisa mengurangi minyak di wajah, yang mana minyak di wajah itu membuat wajah jadi gampang banget berjerawat.
Dua, dulu sebelum aku sadar kenapa makin kesini, jerawat aku makin parah ya, dan ngeri banget pakai ada bekasnya. Trus iseng kan cari tips di youtube. Nemu nih, masker anti jerawat. Ternyata simple banget, Cuma pakai madu mentah dan bubuk kayu manis. Mulai deh cari-cari yang jual madu mentah di hampir seluruh toko sampai supermarket besar di Jogja dan ga nemu, akhirnya aku beli di Online Shop di Instagram. Setelah itu, aku mulai rutin maskeran pakai madu+bubuk kayu manis. Kalau bubuk kayu manis kayaknya ada deh di swalayan gitu, atau kalau selo dan mau numbuk sendiri juga boleh, hehehe. Aku awal-awal pakai masker ini aku pakai hampir setiap hari gitu, dan efeknya ternyata cukup keras, kalau adonan maskernya netes di bibir, efeknya bibir langsung kayak kering mau nglupas gitu, jadi ngucurin bubuk kayu manis di adonan maskernya dikit aja ya. Perbandingannya 1 sendok the madu dan 2 jimpit bubuk kayu manis, pakai ujung jari jempol sama jari telunjuk aja. Cara pakainya biasa, olesin ke seluruh muka, trus bagian yang ada benjolan jerawat bisa ditambah olesin maskernya. Kalau yang aku rasain, setiap rutin maskeran pakai masker ini itu, kalau ada jerawat cepat keringnya, dan jadi agak jarang muncul jerawat baru. Kalau misal nggak mau tiap hari maskeran, bisa kok seminggu 3x aja maskeran pakai madu+bubuk kayu manisnya.
Tiga, masker kefir. Udah deh, aku angkat tangan sama masker yang satu ini. Nyerah lah sama masker yang ter ter ter terrrrrrrrrbagus menurut aku. Masker yang satu ini enak banget dipakai di wajah. Manfaatnya geda bet, gede bangets asli. Mulai dari ngurangin peradangan di wajah yang diakibatkan oleh jerawat, itu lo kalau muka jadi merah-merah karena jerawat, namanya mukamu lagi radang. Cobain deh beli masker kefir ini, kenapa aku nyaranin beli, karena aku ga suka ribet harus beli bibit dan susu yang sama sekali belum melalui proses pemanasan, susah sih nyarinya, kalau pakai susu steril gitu, sama aja udah melalui proses pemanasan itu. Mending beli, hihihi, belinya di tempat yang bener-bener dia jual masker kefir yang bener, yang jujur dan terbuka penjualnya, yang jelas bahan dan komposisi maskernya apa, harus bau susu, kenapa? Susu kan enak ya, apalagi kalau wajah abis maskeran dan masih bau susu, kayak keliatan mahal aja gitu skincare nya. Padahal cuma masker kefir, bukan cuma lagi sih kalau aku, tapi beneran bagus dan bagus banget. Aku mulai rutin pakai masker kefir dari pertengahan Desember 2016, sampai sekarang. Yang dirasain apa? Jerawat bye bye, asli ya, cuma kalau mau haid aja dia datengnya. Kalaupun ada karena faktor aku yang teledor pegang-pegang muka pas posisi tangan kotor, atau males cuci muka, langsung aku maskerin aja pakai si masker kefir ini, jerawat bakal cepet kering, dan ga bekas. Heran ga? Heran sih kalau aku, kenapa bisa gitu? Gatau, mungkin duet si susu sama bibit kefir itu bagus banget. Kalau bisa cari masker kefir yang berbahan dasar susu kambing etawa Yes! Selain jerawat bye bye, aku kok rasa-rasanya bekas jerawat masa lalu, yang bekas dari SMP dan SMA itu kok pudar ya, seriusan, dan licin aja hidung rasanya, jarang banget kalau pegang hidung itu kasar, kayak raba parutan keju yang banyak komedonya gitu, jadi bisa bebas dari komedo juga. Kapan aku pakai masker kefirnya? Setiap HARI !!!! Niat banget sih, pemborosan tauk. Aku lebih milih investasi skincare dari usia muda sih, daripada harus menerima kondisi wajah yang udah gimana ya, aduh pokoknya kalau udah tua kan pasti semakin banyak masalah di wajah, dan itu lebih serius. Makannya mending investasi waktu dan uangnya buat ngerawat muka di usia muda, jadi pas tua nanti, ga menyesal gitu lo. Trus, sekedar tips aja, kalau kamu fokus mau ngilangin jerawat, sehari kamu paling nggak 2x maskeran pakai masker kefir, pagi sama malam sebelum tidur gitu lah, jangan dibawa tidur tapi. Trus, kalau mau fokus menghilangkan bekas jerawat, cukup sehari sekali aja maskeran pakai masker kefirnya.
Empat, menurut review dari beauty vlogger di youtube. Wajah yang ada bekas jerawat itu, seminggu 3x paling nggak harus di pakai produk yang bisa meng-exfoliate wajah, alias membantu untuk pengelupasan kulit. Kulit yang dikelupas adalah sel kulit mati yang harus di rontokkan dari permukaan wajah, supaya permukaan kulit yang ada bekas jerawatnya itu cepat tergantikan sama permukaan kulit yang nggak ada bekas jerawatnya. Di tahap ini, kalau aku pakai scrub wajah, produk yang aku pakai adalah St. Ives Blemish Control yang Apricot Scrub. Varian yang Apricot Scrub ini punya butiran scrub yang besar-besar, dan dia Oil Free dan juga ada Salicylic Acne Medication, yes dia cocok untuk wajah yang ada jerawat dan bekasnya. Kenapa lagi aku suka produk yang satu ini, karena Produk ini adalah produk scrub no 1 di Amerika, duhh nggak cinta produk dalam negeri ya Nduk? Cinta kok, seperti cintaku pada tanah airku, yang akan menjaganya sekuat batu karang, ciaaaaat. Si St. Ives ini, kerjanya bagus banget untuk membantu proses exfoliating pada kulit, pas pertama kali nyobain, caranya sih ambil 1 ruas jari telunjuk, ya paling 2cm gitu ngluarin dari tempatnya, trus tinggal di gosok pelan-pelan aja di muka, ga usah di tekan-tekan, cukup di raba gitu aja pakainya, kayak ngambang gitu gosoknya, tapi sebelumnya basahin wajah pakai air bersih ya, abis itu di ratain ya paling 2 menitan, trus langsung bilas. Dan coba ngaca deh, kayak langsung cerahan gitu, bahagia banget rasanya, tapi tetep kayak ada rasa ’Ihhh berarti sel kulit mati di wajah aku banyak ya, masak langsung keliatan gini hasilnya’, ehh jangan percaya ding, paling akunya aja yang kepedean, hahaha. Yang jelas bagus banget, dan dia cocok di wajah aku, aku pakai produk ini seminggu kadang 2x atau 3x kali gitu, pokoknya jangan terlalu sering, kalau terlalu sering nanti dampaknya membuat kulit wajah menjadi sangat kering, kayak mengelupas gitu, dan gosoknya jangan ditekan, cukup kayak ngambang gitu aja. Hasilnya setelah rutin apa? Aku kira-kira udah pakai rutin selama 2 bulanan gitu, dan menurut aku emang lebih bagusan permukaan kulit aku yang sekarang, bekas jerawat memudar, kulit halus, dan minyak di wajah lebih terkontrol aja, ga luber-luber kayak dulu gitu.
Lima, lagi-lagi produk yang aku pakai, bukan dibuat di Indonesia, ya mau gimana lagi ya, selama aku dapet manfaat dari produknya sih ga masalah, walau kadang harus rebutan stock, harus bayar mahal buat ongkos kirim dsb, tapi selama itu memberikan manfaat buat kesehatan wajah aku, nggak bakal aku jadiin masalah. Skincare yang selanjutnya adalah dari NATURE REPUBLIC, all right, siapa yang nggak tau sama produk yang terkenal banget dari Nature Republic ini, jeng jeng jeng, Aloe Vera 92% Soothing Gel, kalau sama yang satu ini, rasanya duh, jatuh cinta banget, yang nggak percaya gimana bagusnya skincare Korea ada? Duhhhh kamu harus banget cobain yang satu ini. Si Aloe Vera ini, kegunaannya banyak banget sebenarnya, bisa untuk moisturizer sebelum pakai make up, bisa untuk maskeran, untuk sleeping mask alias dibawa tidur, untuk lip balm, kesehatan rambut dan kuku, dll. Dari banyaknya kegunaan si Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel ini, siapa yang ga jatuh cinta coba. Jadi, ini adalah cara praktis dan simple buat kamu yang males metik daun lidah buaya, trus kamu ambil dagingnya dan kamu jadikan masker, ini nih super praktis, tinggal langsung pakai aja. Kalau di aku, aku pakai Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel ini untuk moisturizer sebelum aku keluar rumah atau ke kampus gitu. Aku sebenarnya kalau untuk acara biasa, kayak main, ke kampus, atau pergi kemana gitu nggak pernah mau pakai make up tebal, jadi aku sangat meminimalisir penggunaan make up tebal hanya pas akan ke kondangan aja. Nah pas aku mau make up ke kondangan, aku juga pakai produk ini buat moisturizer dulu kok, selain itu juga aku pakai untuk sleeping mask, aku olesin sebelum aku tidur, dan aku pakai tidur, trus aku bilas paginya setelah aku bangun tidur, dan herannya si Aloe Vera nya masih ada dan nempel di wajah aku, keren banget nggak sih, padahal aku beneran ngrasain kalau produk ini masuk ke kulit aku lo. Buktinya, prutusan bye bye, itu loh yang kayak jerawat kecil-kecil seperti jerawat batu, nah itu nggak ada, ilang entah kemana, licin banget dahi itu jadinya, dan itu aku pakai sleeping mask setiap malam sebelum aku tidur. Isi produknya 300ml, dan itu banyak banget, kayaknya udah dipakai setiap hari tapi nggak abis-abis, harganya? Murah kok, kamu bisa beli langsung lewat webnya Nature Republic, kayaknya Desember ini bakalan launching store pertamanya di Indonesia, dan katanya juga mau bikin akun officialnya gitu dan jualan di salah satu marketplace gitu, belum tau sih dimananya, kalau ga Lazada, Shopee, Tokopedia, yaa temen-temennya paling hahahah, atau di Online Shop di Instagram atau marketplace gitu juga banyak yang jual, tapi tapi, perlu banget buat waspada dan hati-hati, karena banyak juga oknum-oknum yang malsuin produk ini, sedih ga sih. Perlu banget kamu tau review dan perbedaan produk yang asli dan yang palsu dulu sebelum kamu memutuskan untuk membelinya, banyak di google, cari tau aja oke? Atau baca di blog aku juga ada, soalnya aku pernah beli dapet yang asli, dan pernah juga dapet yang palsu.
Selain sebagai moisturizer dan sleeping mask, aku gunain si Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel untuk membuat masker yang fungsinya menghilangkan bekas jerawat, sebenernya pakai ini aja udah bisa, tapi biar lebih ada variasinya aku tambahin soda kue atau backing soda. Caranya, aku ambil satu sendok teh Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel, trus aku campurin sama sedikit soda kue, beberapa jimpit aja sih, trus aduk rata dan dibuat maskeran, cukup membuat wajah jadi panas dan gatal gitu sebenarnya, apalagi perih kalau buat kamu yang alergi sama backing soda atau soda kue, jadi disarankan harus hati-hati dan pastikan kalau setelah maskeran pakai Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel+backing soda atau soda kue ini nggak bakal membuat wajah kamu jadi iritasi setelanya ya. Tapi emang beneran bisa cepet ngilangin bekas jerawat sih, beneran, aku ngrasain sendiri, atau coba cari review lain deh dampak atau akibat kalau maskeran pakai aloe vera+backing soda/soda kue itu apa.
Kayaknya udah deh, ehhh tapi baru-baru aku nyobain masker freeman sama dead sea mask gitu. Belum berani share hasilnya sih, karena baru nyobain share in jar nya gitu. As soon as possible kalau aku udah dapetin manfaatnya aku bakal share ke kalian lagi deh. Tapi emang bagus sih freeman sama dead sea mask ini menurut aku, aku nyobain dan cocok-cocok aja. Karena freeman banyak banget variannya, dan aku lagi nyobain satu aja, rasanya kurang aja gitu review nya. Aku lagi beli beberapa share in jar freeman kok, ada 3 varian yang katanya bagus buat jerawat sama bekasnya, semoga bisa cepetan share hasilnya yaaa...
NAHHH Ternyata, yang paling besar mempengaruhi jerawat gampang tumbuh di muka itu jarang maskeran, kok bisa? Gatau, itu pengalaman aku sendiri sih, setelah rutin maskeran pakai masker madu+kayu manis dan masker kefir, jadi jarang aja gitu dapat jerawat. Dulu mah, aduh, ngeri deh, jerawat itu kalau muncul geda-geda, gede-gede gitu, kadang ada matanya, kadang ada putih-putih kayak nanah, bahkan kadang juga ga ada matanya, kayak gunung gitu, dan itu sakitnya ampun, berhari-hari sakitnya, tapi kok setelah rajin maskeran bisa ilang ya? Menurut aku sih, maskeran bisa lebih menutrisi kulit, karena kan adonan masker nempel lama di wajah, otomatis bakal terserap melalui pori-pori, kalau bahan yang buat maskeran itu sehat dan ga ada kimia-kimianya, so pasti kulit wajah juga akan merespon itu dengan baik, dia akan makan nutrisi dari masker yang kita oles untuk meremajakan kulit wajah, untuk makanan mereka sehari-hari, membantu dalam menghadang zat-zat berbahaya yang mau masuk di wajah, kayaknya gitu deh. Kalian bisa coba alternatif ini, biasain seminggu 3x harus wajib maskeran, bisa pakai aja, apa aja yang ada di rumah. Ada tomat pakai tomat, ada pepaya pakai aja pepaya, ada bengkoang pakai bengkoang, dan lain sebagainya. Intinya, skincare untuk wajah jerawat itu, bahan dasarnya adalah, SEMUA YANG BISA KAMU MAKAN. Kalau buat perut kamu aja aman, berarti aman buat muka. Emang masker kefir bisa dimakan? Bisa kok, kalau kamu penasaran rasanya kayak apa, hampir mirip kayak yogurt cuma lebih asam aja.
Oyaaa kelupaan, toner juga perlu yaa. Kalau aku pakai tonernya kefir, tapi karena udah habis dan aku butuh cepet, aku cobain pakai Garnier Micellar Cleansing Water yang biru. Pilih yang biru ya, soalnya yang biru lebih cocok untuk wajah yang berminyak dan cenderung berjerawat. Kenapa toner? Karena air satu ini, jago banget membersihkan sisa make up, selain sisa make up juga bisa membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada wajah, dan langsung keangkat semua gitu. Lagi-lagi aku bilang, sesuaikan sama kebutuhan kalian ya soal tonernya, kalau kalian ga cocok pakai merk Garnier, kalian bisa pakai merk lain.
Step Skincare :
PAGI HARI
1.     Cuci muka pakai facial wash Acnes.
2.    Maskeran pakai Freeman atau Dead Sea Mask atau Masker Kefir (sesuai keinginan hati masing-masing mau pakai masker yang mana)
3.    Bilas pakai facial wash kalau kalian merasa kurang bersih, kalau Cuma dibilas pakai air dingin aja.
4.    Abis mandi, mau pergi, oles Narture Republic Aloevera Soothing Gel sebagai moisturizer sebelum make up, atau kalau ga mau pakai make up bisa pakai bedak tipis, yang suka pakai sun block ya pakai sun block.
SORE HARI
1.     Bersihkan sisa-sisa kotoran atau make up dengan toner, kalau jadwalnya scrub, ya scrub pakai St. Ives.
2.    Maskeran pakai masker kefir (Kalau tadi pagi belum).
3.    Kalau malas maskeran bisa juga olesi Nature Republic nya setelah scrub wajah pakai St. Ives ya, soalnya dua produk ini bagus banget kalau di duetin.
4.    Bilas pakai facial wash.
MALAM HARI
1.     Sebelum tidur, cuci muka lagi pakai facial wash, keringkan.
2.    Oleskan Nature Republic Aloevera sebagai sleeping mask, pakai yang agak tebal atau sesuai selera, disarankan tunggu kering dulu, baru tidur, supaya ga nempel ke bantal, guling atau sprei Aloeveranya.
3.    Bisa juga oles Nature Republicnya ke bulu mata atau alis, soalnya bisa juga buat manjangin bulu mata atau alis, yang ngerasa alis sama bulu matanya kurang cetar.
4.    Balik lagi ke skincare paginya yaaa.
That’s it, semoga bermanfaat ya, kalau ada pertanyaan, kritik maupun saran bisa komen dibawah atau bisa juga DM di instagram @fuahfuu. Oyaa, misal bosen pakai masker-masker diatas, bisa juga pakai sheet mask kok. Step skincare juga sesuaikan sama waktu kalian ya, buat jadwal yang ketat supaya jerawat bye bye. Semangat berjuang melawan jerawat dan bekasnya ya. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Observasi Asik

Nature Republic Aloe Vera Asli VS Palsu, Original VS FAKE KW SUPER

Review Product : Masker Kefir