Jerawat? Aku Harus Gimana Nih?

Hai, sebel banget ga sih sama yang namanya jerawat gitu. Rasanya bikin ga pede gitu kan. Mau keluar harus tutupin muka pakai masker, kalau ke acara harus pakai bedak tebel. Kadang juga malu dan minder kalau mau keluar rumah pas jerawat lagi banyak-banyaknya. Apalagi kalau pas mau make up gitu, dan kita di make up sama orang lain, pasti orang itu akan nyindir-nyindir ‘’Duh, ini harus pakai foundation yang banyak’’; ‘’Duh, make up nya jadi ga rata ini’’; ‘’Kok jerawatan sih Mbak?’’. Yaelah, kalo disuruh milih mah ga bakal milih buat jadi jerawatan gini. Ya gimana lagi, kalau namanya udah takdir dikasih jerawat, mau ga mau ya harus di terima. Tapi ada juga sih yang jerawatan karena khilaf coba-coba facial wash, coba-coba skincare, salah beli produk make up, ga jaga kebersihan, kebiasan mencetin jerawat, over stress, stress lebay yang apa-apa jadi pikiran, ga peduli sama muka, tapi ada juga yang memang karena hormon. Kalau trus nyerah akibat jerawat, dan malah nyalahin takdir karena harus jerawatan, ga bakal ilang juga jerawatnya.
          Pssssstttt, tak kasih motivasi dulu ya. Buat kamu yang jerawatan, tetep bisa punya cowok kok. Tetep bisa yang namanya punya pacar. Kalau misal ya, kamu suka tuh sama cowok, trus kamu pingin cowok yang kamu suka itu juga balik suka sama kamu. Trus kamunya ngasih kode tuh ke cowok itu. Nah, misalnya dia emang beneran suka sama kamu, dia ga bakal mempermasalahkan soal jerawat yang ada di muka kamu. Dia bakal nerima kamu apa adanya. Trus ya, misal tuh, ternyata cowok yang kamu kode-in itu ga bales kode dari kamu, dan dia tuh kayak ga bisa buat suka sama kamu, apalagi setelah kamu tau alasannya dia ga mau sama kamu karena kamu jerawatan. Bingo !!! Kamu jadi tau tipe cowok macam apa dia, tipe cowok yang ga baik tuh, hal pertama yang diliat masalah muka, yang pertama kali ditaksir fisik. Udah lah, langsung blacklist cowok begituan mah. Masih banyak lagi di luaran sana cowok yang ga cuma mandang fisik. Dunia itu ga selebar daun kelor kok. Jangan galau, jangan stress, muncul jerawat satu tuh karena kamu stress.
          Mau tips ala aku buat nanganin jerawat? Yang jelas kunci utamanya kamu ga boleh manjain yang namanya jerawat. Kamu mau kerja keras buat sembuh dari jerawat, ga boleh males-malesan, harus bener-bener menyempatkan diri, dan juga harus telaten. Siap? Sebelumnya, coba ambil cermin, dan lihat di cermin, letak jerawat kamu ada di bagian mana, nah kalau letaknya ada di beberapa bagian yang ada di bawah ini, mulai deh buat mengurangi penyebab-penyebabnya ya :
1.     Hairline (tempat tumbuhnya anak rambut, atas dahi)
a.    Rambut yang kotor dan berminyak (Jangan malas buat keramas shayy)
b.    Shampo atau conditioner yang ga cocok.
c.    Produk hairstylist yang ga cocok.
d.    Cat warna atau obat keriting atau obat pelurus rambut.
2.    Dahi
a.    Stress
b.    Insomnia. (PENTING !!! Jangan sering begadang, semakin banyak begadang, semakin banyak produksi minyak berlebih dan efeknya jerawat keluar juga)
c.    Pencernaan bermasalah. (Jangan sering konsumsi fast food atau junk food, rajin-rajinlah BAB juga, makan sayur dan buah yes)
d.    Helm, topi, ciput hijab, poni rambut yang kotor.
e.    Puberty.
3.    Hidung
a.    Makanan yang berlemak, berminyak, berkarbohidrat tinggi.
b.    Kadar gula tinggi.
c.    Stress dan puberty.
d.    Sirkulasi darah yang buruk.
4.    Pipi
a.    Layar handphone kotor.
b.    Alas sprei atau bantal kotor.
c.    Sering memegang wajah dengan tangan yang kotor.
d.    Brush, spons, beauty blender yang kotor.
e.    Pemakaian kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit.
f.    Merokok.
g.    Konsumsi berlebih makanan yang mengandung gula dan susu.
h.    Hijab atau masker wajah yang kotor.
5.    Dagu dan Rahang
a.    Ketidakseimbangan hormon.
b.    Pubertas.
c.    Kehamilan.
d.    Menstruasi.
e.    Stress.
f.    Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.
g.    Gula berlebih.

Oke tips pertama, JANGAN PERNAH SEKALIPUN PUNYA RENCANA UNTUK MEMENCET JERAWAT. Alih-alih kamu salah pencet, bahaya banget, masalah sepelenya sih paling jerawat makin gede dan bekasnya susah hilang dan jadi bopeng, tapi masalah terbesarnya adalah organmu yang kena, sereeeeemmm. Sadar kan kalau semua otot dan sistem syaraf manusia itu saling terhubung? Nahhh, begitu juga munculnya jerawat di muka itu, bisa menandakan adanya masalah kesehatan organ dalammu, jangan dipencet plis, kalau ga tuntas mencetnya, organ dalammu semakin bermasalah.
a.    Jerawat di dahi bisa jadi ada masalah pada sistem pencernaan.
b.    Jerawat di alis ada masalah di hati.
c.    Jerawat di pelipis menandakan ada masalah di ginjal.
d.    Jerawat di pipi bisa jadi ada masalah di paru-paru.
e.    Kalau jerawat di hidung bisa jadi ada masalah di jantung.
f.    Jerawat di kanan atau kiri bibir bisa jadi ada masalah di ginjal atau organ reprosuksi.
g.    Jerawat di dagu bisa jadi ada masalah di lambung dan usus kecil.

Dua, jangan lupa bahagia. Buat kamu yang mungkin setiap hal apapun atau setiap hari merasa stress karena tugas, karena kerjaan, karena rutinitas atau karena hal lain. Jangan lupa untuk bahagia. Hidupmu jangan terlalu dibawa untuk stress. Karena stress akan membuat hormon bekerja lebih aktif, apalagi hormon penyebab jerawat dan minyak berlebih, jebreet langsung deh, jendol-jendol jerawat tumbuh di dahi dan ada juga yang langsung jebreeet di seluruh wajah. Jadi, ingat ya, jangan apa-apa difikirkan, dibawa enjoy aja shayyyy hahaha.
Tiga, jangan pernah sekalipun menyentuh wajah kalau tangan kamu ga abis cuci tangan, pokoknya jangan sekalipun nyentuh wajah kamu, apalagi ngelus-elus jerawat dengan tangan kamu yang kotor. Empat, jangan salah memilih produk kosmetik atau skincare ya, harus liat review selengkap-lengkapnya sebelum kamu memilih untuk membeli produk tersebut.
Lima, jangan malas untuk pakai masker. Entah masker yang dipakai saat keluar rumah atau di kendaraan, tapi juga masker buat seluruh wajah, bisa yang bentuknya clay mask, mud mask, peel of mask, sheet mask, dan segala bentuk masker wajah yang cocok buat wajah kamu. Fungsi masker yang dipakai saat keluar rumah adalah untuk menghalau debu dan kotoran, sementara masker yang rutin dipakai untuk perawatan bisa untuk menutrisi kulit wajah.
Enam, pastikan bersihkan make up dengan benar. Harus benar-benar bersih dari noda make up yes. Ga usah irit-irit kalau pakai susu pembersih atau micellar water. Lebih baik boros pakai toner, micellar water atau susu pembersih, daripada harus beli seabrek skincare dan obat jerawat.
Tujuh, kurangi makan makanan yang pedas dan berminyak. Boleh sih makan makanan pedas dan berminyak, misalnya gorengan sama cabai, tapi ya jangan sering-sering ya, batasi konsumsi makanan pedas dan berminyak dalam satu minggunya. Selain itu, jangan sering-sering makan junk food. Rajin-rajinlah makan sayur, buah, minum air putih dan jangan lupa berolahraga, ya walaupun hanya jalan kaki dari rumah untuk keluar beli pulsa.
Delapan, jangan malas membersihkan wajah sebelum tidur, pakai skincare yang cocok untuk wajah kamu juga. Karena jerawat dapat muncul darimana saja, bisa jadi hormonal, keturan, atau bisa jadi karena perawatan yang salah.

So, jangan malas, intinya jangan malas untuk menjaga kebersihan, apalagi kebersihan tangan dan wajah. Dan yang paling penting, kalau masalah di wajah kamu adalah jerawat, jangan dulu deh, pakai produk yang ada kandungan whiteningnya. Karena, kalau kamu pingin cantik, bukan bagaimana memutihkan wajah, tapi bagaimana caranya menghilangkan jerawat dan bekasnya dulu. Inget ya, cantik tidak melulu tentang wajah yang putih, tetapi cantik adalah wajah yang bebas dari jerawat dan bekasnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Observasi Asik

Nature Republic Aloe Vera Asli VS Palsu, Original VS FAKE KW SUPER

Review Product : Masker Kefir