Tips and Tricks Lolos CPNS dan PPPK (Sekilas Cerita Perjuangan Lolos CPNS 2019 #bukanangkatancorona)

 

H

ello, perkenalkan aku Fuah, ga pinter-pinter banget buat sharing soal dan pembahasan soal-soal ujian CPNS dan PPPK, tapi cuma mau berbagi cerita, hal-hal apa aja yang aku lakukan kemarin sampai aku lolos CPNS. WOW, kok lolos, pinter banget mesti, bayar berapa, mesti masuk 3 besar terus dari SKD yah, 24 jam belajar terus yaa, hidupnya buku dan materi terus ya, mesti latihan soal terus..... BIG NO !!! Ga guys, aku tidak merasa diriku sepintar itu kok, aku juga ga masuk 3 besar waktu SKD, malah aku posisi paling bawah di perankingan SKD, waktu itu yang dibutuhkan 3 formasi, 3x3 formasi kan 9, nah aku di posisi 9 tuh, nyariiissssss banget ga lolos SKD bukan hahaha, meringis aja pas liat nama di angka 9, antara syok, takjub kok lolos, tapi kok ya di angka 9 haha... baru deh dari situ, aku berusaha lari, jadi kuda hitam buat naik ke posisi 1 pas SKB, dan Alhamdulillah posisi 3 mungkin yang terbaik untukku, lagi-lagi nyarisssss ga masuk SKB hhh, eittsss bentar, kayaknya mulai cerita dari awal mula kenapa milih CPNS, gimana milihnya, gimana belajarnya, dan gimana doanya akan lebih seru buat diceritakan ke pejuang-pejuang seperti kalian, oke cekidotttt, tapi maaf kalau kepanjangan jadinya yahh tulisannya, dan maaf baru jadi tulisannya padahal inginnya awal tahun banget release, hihihi, maklum baru penyesuaian banget dari anak Bapak Ibuk jadi anak kos, uwuuu.

Pertama, NIAT. Apa niat awal banget kamu milih buat jadi ASN? Kalau keterima beneran siap yaa dengan segala konsekuensinya, kalau ga ketrima juga tetep harus siap, semangat boleh tapi juga harus realistis. Daftar CPNS harus lurus, artinya jangan ada tekanan atau paksaan dari siapapun, karena nantinya kan yang menjalani kita tuh, jadi harus enjoy dari NIAT AWAL. Siap ga kalau ketrima harus jauh dari orangtua, keluarga, teman dan rumahmu ketika kamu mendaftar di luar kota? Siap ga dengan segala macam tetebengek administrasi, tanggungjawab, waktu dan biaya hidup yang harus dikorbankan? Yakin ga, mau pindah kerjaan dari tempat kerja yang lama kalau kamu udah kerja sebelumnya, dan mungkin bisa jadi gajinya lebih besar maybe dari CPNS. Buat yang baru lulus, siap ga langsung terjun ke dunia kerja di lingkungan pemerintahan? Nah, mulai coba luruskan niat, kenapa daftar? Itung plus minus nya semuanyaaaa.

Kedua, pemilihan formasi yang tepat di lingkungan yang tepat. Penting banget dipikir mateng-mateng soal pemilihan lokasi, karena ga cuma setahun dua tahun aja nih stay di lokasi yang dipilih, minimal 10 tahun loh kalau mau ajukan mutasi, itu kalau aturannya belum berubah, hihi, jadi yang mau nikah, yang udah nikah, atau yang punya anak, kudu mateng banget mikirnya. Mungkin ceritaku soal pemilihan lokasi bisa jadi referensi, dulu, ketika aku memilih fomasi dan lokasi, aku liat semua daerah yang membuka lowongan untuk jurusanku, dari mulai yang paling dekat rumah sampai lintas pulau, semua aku petakan. Mulai dari Jateng, Jakarta, Jatim, Bali dan Kalimantan. Satu persatu aku tulis di catatan, mulai dari jumlah formasi, dimana aja lokasinya, dan apa syaratnya. Ketika semua udah ditulis, langsung di sortir satu-satu, oh ini engga, oh ini masuk lah di list sementara. Waktu itu cukup rumit sebenernya, karena aku daftar berdua sama masku, jadi harus cari dua lokasi yang agak berdekatan, biar kalau pas nikah bisa tinggal di tengah-tengah gitu, kan agak syusahh yaa, apalagi kayak Jateng, di jurusan kami (kebetulan kami satu jurusan) itu yang buka per kabupaten hanya 1 lokasi, jadi bayangkan saja jika memilih Jateng, aku di Semarang dia di Rembang, ooohh tentu tidak bisa bukan, akhirnya Jateng tereliminasi, begitu juga Jakarta, Jatim dan Kalimantan. Tersisa Bali, aku print gambar Pulau Bali besar-besar, aku tandai perlokasi di Bali yang buka lowongan, dan akhirnya ketemu 2 lokasi yang cukup berdekatan, dan pilihan jatuh ke Bali. KENAPA BALI? Karena, aku merasa daya juangku jika aku bertarung di Pulau Jawa, otakku kurang mampu, wkwk. Bayangin aja harus bertarung dengan kakak-kakak tingkat satu almamater dan dari kampus lain yang umurnya sampai 35 tahun, ya ampuuunnn membayangkannya saja mengerikan, jam terbang mereka sudah sangat jauh, sementara aku yang baru lulus kemarin mau nyik-nyik an, hahah, ku tak sanggup. Alasan lain adalah, kalau mau pulang ke Jawa dengan cepat juga bisa, dan tiket masih aman lah di kantong, mau pulang murah pakai bus juga bisa, ada saudara di Bali, NO, modal nekat aja akutu, asal cepet nikah aja deh wkwkwk. So, daerah mana yang mau kamu bidik kelak ketika mendaftar?

Ketiga, Restu dari Orangtua, apa orangtuaku langsung mengizinkan? Tentu tidak, tapi bagaimana cara kita mengajukan proposal ke Bapak Ibuk aja deh, ngomongnya harus baik-baik dan sungguh-sungguh. Bicara dari hati ke hati, Pak Buk, aku mau gini, nanti begini prosesnya, aku pilih daerah ini, karena ini, ketika lolos aku kan begini, ketika belum lolos aku akan begini, mohon restunya ya Pak, Buk, doakan di setiap doamu. Begitulah kira-kira. Oyaaa, ga kalah penting BIRUL WALIDAIN, berbakti pada orangtua, ketika orangtua manggil, nyaut, bahkan datang kalau perlu, orangtua nyuruh ini, laksanakan, orangtua minta tolong, langsung bantu, yakinnn dehhh, kalau orangtua kita seneng sama kita, kita ga bikin orangtua kesal, Ridho dari Allah langsung turun, apa aja yang orangtua doakan untuk kita, Insya Allah dikabulkan, Aamiin.

Keempat, Sholat Wajib jangan bolong, Doa dan Ibadahnya yang lurus. Awal-awal ibadah mesti ada sih hati kecil yang bilang, yang rajin ahhh ibadahnya biar lolos, wkwkwk, samaaa kok, tapi ntar lama-lama jadi ga gitu kok niatnya. Doanya gimana, bebas isinya, tapi menurut ceramah Pak Ustad yang ku dengar, pertama kalau berdoa, sebut Nama-Nama Allah di Asmaul Husna yang sesuai dengan doa yang kamu panjatkan, misal nih, kamu minta Ilmu, sebut dulu “Yaa ‘Alim, Ya Allah Yang Maha Memberi Ilmu berikanlah aku ilmu yang bermanfaat supaya aku bisa mengerjakan soal-soal SKD dan SKB dengan baik”, misalnya gitu. Aku dulu ada kalimat doa yang begini, “Ya Allah, loloskanlah aku jadi CPNS, jika tidak tolong berikan aku rezeky lainnya yang lebih baik dari CPNS”, gitu, agak maksa sih kesannya, tapi kan Allah Maha Mendengar bukan, ga mungkin ga denger doa Hamba-Nya. Ibadah yang lain seperti Sholat Sunnah, Puasa Sunnah, Dzikir, dengerin kajian dan ceramah monggo itu disesuaikan, mana yang bisa membuat hati kalian tenang dan harus seimbang antara belajar dan berdoa, intinya Loby ke Allah, banyakin istigfar, baikin Allah, perbaiki urusanmu sama Allah, maka Allah akan memudahkan urusanmu, kalau kamu udah baik sama Allah, apa aja Allah akan kasih hal yang baik menurut-Nya buat kamu, TRUST ME IT’S WORK BANGET!!!! Sama ini, PENTING !!!!! sedekah guys, berbagi ke semua makhluk Allah sampai hewan-hewan kecil, banyakin sedekah yang niatnya lurus, sedekah ga melulu dengan uang atau barang kok, senyum, bantuan tenaga dan pikiran juga sedekah. Nah ini, gatau sih tapi aku suka ngerawat hewan dan tumbuhan, sayang aja sama mereka rasanya. Kayak kadang suka kasih makan kucing liar, sampek sering dimarahin, tapi tetep aja dilakukan wkwk. Kasih air ke tanaman yang kering, rawat tanaman strawberry juga kalau aku, buat hiburan guys hihi.

Kelima, BELAJAR. Bisa-bisanya belajar kutaruh di nomor 5 haha. Kalau dulu, aku belajarnya gini, dari buku-buku yang dijual di toko buku iya, trus dari materi dan soal di internet, dari youtube juga, sharing sama temen juga, banyak ikut try out CPNS  wajib, follow akun IG yang bahas seputar CPNS juga oke sih menurutku. Buku, aku ga beli, tapi dikasih haha, materi dan soal di internet ada yang download sendiri, ada yang barteran sama temen. Trus youtube, nah ini sih menurutku yang cepet masuk di aku, mungkin gaya belajar setiap orang kan beda-beda, tapi aku paling bisa belajar dari youtube, channelnya siapa aja dong, banyaakkk banget, sampe lupa channel siapa aja, tapi tetep terimakasih banyak sama yang udah share pembahasan, soal dan tips di youtube, gumawo, yang kuingat beberapa seperti Wal Absor, doseNdeso, Mohammad Arif, Viracun, Fandi AP, Mrs. Ikfi, Klub Matematika, dan lainnya aku lupa haha.

Ikut Try Out CPNS dimana? Di Instagram wkwk, jadi aku follow banyak akun IG yang sering kasih info tentang CPNS gitu, beberapa kayak Ignya @rekrutmencpnsindonesia, @cpns2021, @cpnsindonesia.id, @siaptescpns, dan lain lain. Aku sering ikut TO yang akun-akun itu gelar, aku paling suka yang dari @rekrutmencpnsindonesia, karena soalnya bener-bener HOTS, panjang-panjang dan jawabannya mirip-mirip, ada timernya, soal full, dan soal-soalnya up to date, keren banget pokoknya. Benefit yang di dapat dari follow IG akun-akun yang membahas seputar CPNS menurut aku, informasi yang mereka sajikan oke juga kok, dari tips n trik, informasi penting, soal-soal, dan juga bisa saling belajar di kolom komentar, aku SR sih, tapi seru aja gitu rasanya kalau ngikutin postingan mereka.

Cara belajarku gimana? Rutin, lebih tepatnya mencoba rutin haha. Setiap hari harus ada yang dibaca barang selembar dua lembar, kalau bisa hafal ya syukur, ga bisa hafal ya minimal ngerti maknanya aja. Lalu, 1 minggu sekali, di akhir pekan biasanya aku sempetin untuk mengerjakan soal-soal yang aku download, kalau pas ada jadwal Try Out, ya gasss aja. Bagi waktu dan mood pas belajar penting banget lo ya, apalagi buat yang sambil kerja, pinter-pinter cari waktu yang tepat buat belajar. Pas di rumah, penting juga dukungan dari ortu, ketika kita lagi belajar, mungkin ortu suguhin makanan enak, TV ga ada yang nyala, ga berisik, uhhh sweet lah kalau udah dapet dukungan dari keluarga.

Materi SKD, jujur aku ga bikin rangkuman untuk materi SKD, gakuat rasanya tangan ini untuk menulis semua materi-materi SKD yang segambreng itu. Jadi aku cuma baca-baca aja materi yang aku dapat dari grup, dari internet, dari temen, dan kadang juga belajar materi dari youtube. Bayangin aja, November 2019 pendaftaran, sembari menunggu pengumuman seleksi berkas, iseng-iseng ngumpulin materi tapi ga dibaca ahaha, lanjut tiba-tiba diumumkan kalau Bali ujiannya akhir Januari, guys, if you know itu masih awal-awal bangeeeeetttt, yang lainnya ada yang Februari atau Maret baru ujian lohhh, FR yang kesebar juga baru yang hari pertama dan kedua, omo omooooo, trus aku baru mulai belajar banget Desember pertengahan hahah, jangan ditiru yaaa. Trus tiba-tiba udah ujian aja tuhhh, pasrah aja rasanya pas udah detik-detik akhir batas pengerjaan soal, apalagi orang yang dari arah depanku, dia selesai duluan dan kasih kode ke temennya kalau ga lolos, duhhh puceeettttt, tapi jebreeettt pas hasil muncul, langsung ngelirik sebelah, "Lolos Mbak?",'Iya, Mbak juga kan?', "Iya Mbak". Syok akutuh kok gede nilainya, pikirku gitu, ladalahhh setelah liat punya masku, kok dia lebih tinggi haha, okeee aku ga tinggi-tinggi banget berarti hahaha.

Kemudian, aku mulai instrokpeksi diri, setelah keluar pengumuman kalau aku lolos SKD dan maju ke SKB. Okeeeee ga boleh sembarangan yang kali ini, kamu perlu manjat jauhhhh Fu, 8 orang harus kamu salip lohhhhh, baruuu deh, semangat buat bikin rangkuman, belajar lebih rajin, sampek ga nonton drakor berbulan-bulan juga, hihi. Pas mau ujian SKB kan sempat tertunda karena corona, tapi malah rada bersyukur rasanya, karena bisa belajar lebih banyak kan, lalu aku juga minta dukungan sama teman-teman di lingkungan kerjaku, kebetulan mereka senior-senior di jurusanku kan, aku pesen gini "Mbak, tolong kalau aku di depan laptop tapi malah youtuban, game atau drakor, marahin aku, sablek gpp, ingetin aku buat belajar!" Dan yaahhhh mereka support system banget pas di kerjaan, uwuuuuuu luv yuuuuu Mbak-Mbakku.

 Lanjut cara belajarku yang lain adalah bikin rangkuman materi SKB, jadi aku buka-buka lagi modul kuliah dan materi PPG (aku dikasih sama kakak tingkat yang udah PPG untuk modul dan materi PPG mereka), jadi ada yang bilang SKB itu mirip soal PPG, akhirnya aku cari dong materi PPG buat tambahan belajar, trus aku rangkum kata kuncinya di buku tulis gitu, trus setiap ada kesempatan ya dirangkum dan dibaca sambil dipahami terus, selain itu aku juga sharing sama temen, tukeran soal atau materi gitu kalau aku, bahkan sama yang daftar di daerah yang sama tetep tukeran soal dan materi hhhh, kayak ga memandang oh ini rival, ga aku dulu, kalau udah rezeky mah ga kemana gitu aku mikirnya. Bahkan sempet juga beli materi SKB gitu, kan mahal sepaket, aku ngide aja, patungan sama beberapa temen, kan jadinya murah tuh hahah, gaboleh sih sebenernya, kasihan yang jualan, tapi mau gimana dong, kena krisis corona juga kami tuh, wkwk.

Oyaaa aku juga gabung di grup whatsapp dan telegram juga. Cari grup yang anggotanya kompak untuk belajar bareng. Yang mau share soal dan materi cuma-cuma, yang sering bikin quiz gitu-gitu, karena kan kadang capek juga baca materi terus, jadi gpp sekali-kali iseng main HP, tapi mainnya ngerjain soal di grup telegram. Mantebbb ga tuh.

FR? Field Report? Percaya ga percaya sih, aku tetep lihat FR yang di youtube-youtube itu, gaboleh percaya banget yaaa, apalagi sampe ngapalin jawabannya, haduhhhh fatal, bisa ngilangin materi dan hafalan kita. Intinya lihat FR cuma buat cari tahu materi apa sih yang keluar, pas udah tau dan ternyata kita belum belajar materi itu, langsung pelajari. Kalau ternyata udah dipelajari, perdalam lagi, begityuuuu.

Sering-sering latihan soal juga, apalagi yang pertanyaannya panjang-panjang, dan ketika mengerjakan dikasih timer. Supaya kelak ketika mengerjakan langsung ketika ujian. Mental dan batin kita udah ketempa, udah siap dengan soal yang hampir penuh selayar komputer, dan harus bisa menemukan jawabannya hanya dalam hitungan detik. Makan dan minum yang bergizi seimbang juga wajib, konsumsi tambahan vitamin yang bagus buat otak dan daya tahan tubuh kalau perlu, biar tubuh kuat diajak perang hihi.

Hmmmm.... sepertinya itu aja yang aku lakukan, bonus deh tentang amalan yang aku lakukan, bukan riya yaaa maksudku, cuma share aja guys, maafkan.

1.     Sholat Wajib tepat waktu, diusahakan kalau bisa.

2.    Sholat Sunnah (Dhuha, Tahajud, Hajat, dll)

3.    Setiap abis Sholat dzikir yang banyak, Istigfar 33x, Subhanallah 33x, Laa Ilaha Illallah 33x, Allahu Akbar 33x, Alhamdulillah 33x, dll.

4.    Setiap abis Sholat Subuh dan Magrib abis dzikir langsung baca, Al-Fatihah 3x, Al-Falaq 3x. Al-Ikhlas 3x, dan An-Nas 3x, lanjut berdoa sesuai cara diatas.

5.    Setiap abis Sholat Magrib habis berdoa selalu baca Al-Qur’an Surat Al-Waqiah + lanjutin bacaan Al-Qur’an harian.

6.    ISTIGFAR ALWAYS, di jalan, di tempat kerja, di rumah, pas belajar, selalu istigfar terus, coba baca keajaiban istigfar guys.

7.    Berbagi ke sesama, baik ke semuanya, memudahkan urusan baik orang lain.

Segitu aja mungkin yang bisa aku share, kalau nanti ingat hal lain dan belum aku tulis, akan aku susulkan yaa. Semangat semuanya yang lagi berjuang, sakit-sakit dulu sekarang, semoga di depan ada hadiah yang indah buat kita semua. Aku juga gatau dari rangkaian yang aku lakukan, hal mana yang membuatku berhasil, karena diliat dari hasil Tes SKD dan SKB skorku juga ga tinggi-tinggi banget, bisa jadi dari doa-doa orang baik yang dikabulkan Allah, maybe, atau darimana, yang jelas ini semua dari Allah. Semoga yang lagi berjuang, segera membuahkan hasil yang terbaik, jangan patah semangat, genjot terus belajarnya, ingat, saat kamu santai-santai, ribuan rivalmu sudah menghabiskan 10 buku untuk dibaca. Jangan lupa doakan orang lain juga ya, berbaik hati dengan orang lain, murah senyum. Terimakasih sudah mampir ke blogku yang ala kadarnya, dan sudah membaca sampai selesai, semoga bermanfaat, kudoakan yang terbaik buat kalian, doakan Fuah juga semoga disegerakan menikah ya, Aamiin. Maturnuwun, Terimakasih, Thankyou, Gumawo, Suksma :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Observasi Asik

Nature Republic Aloe Vera Asli VS Palsu, Original VS FAKE KW SUPER

Review Product : Masker Kefir